Proses Penerimaan Santri Baru PP Bata Bata

1. Pemasrahan

Proses pendaftaran calon santri PP. Mambaul Ulum Bata-Bata dimulai dengan pemasrahan kepada pengasuh PP. Mambaul Ulum Bata-Bata. Dalam proses ini, calon santri dituntun oleh pihak orang tua atau wali untuk dipasrahkan sepenuhnya kepada pengasuh. Tujuan lain dari pemasrahan ini adalah agar supaya calon santri atau wali yang memasrahkan mendapatkan saran-saran atau taushiyah dari pengasuh PP. Mambaul Ulum Bata-Bata.

2. Pendaftaran

Proses pendaftaran calon santri PP. Mambaul Ulum Bata-Bata dimulai dengan pemasrahan kepada pengasuh PP. Mambaul Ulum Bata-Bata. Dalam proses ini, calon santri dituntun oleh pihak orang tua atau wali yang bersangkutan untuk dipasrahkan sepenuhnya kepada pengasuh. Disamping untuk dipasrahkan kepada pengasuh, tujuan lain daripada pemasrahan ini adalah agara supaya calon santri dan orang tua atau wali yang memasrahkan mendapatkan saran-saran serta taushiyah dari pengasuh PP. Mambaul Ulum Bata-Bata.
Setelah pemasrahan selesai dan mendapatkan restu pengasuh, proses selanjutnya adalah pendaftaran santri baru kepada pihak kesantrian PP. Mambaul Ulum Bata-Bata. Dalam proses pendaftaran ini, semua santri baru wajib memenuhi syarat-syarat administrasi sebagai berikut :

  1. Membawa surat pindah/kelakuan baik dari kepala desa.
  2. Mengisi pormulir pendaftaran.
  3. Menyerahkan pas foto ukuran 3×4 sebanyak tiga lembar.
  4. Membayar uang administrasi

Bagi santri yang telah memenuhi persyaratan administrasi, maka pihak kesantrian akan membeikan surat keterangan telah mendaftar sebagai syarat mendaftar di lembaga pendidikan formal PP. MAmbaul Ulum Bata-Bata. Disamping itu, pihak kesantrian akan memberikan keputusan mengenai asrama yang akan ditempati oleh santri dimaksud.

Selanjutnya, santri yang telah mendaftarkan diri akan mendapatkan paket buku petunjuk datau pedoman kepesantrenan berupa gambaran umum PP. Mambaul Ulum Bata-Bata, pedoman ubudiyah dan Undang-Undang PP. Mambaul Ulum Bata-Bata. Proses pendaftaran kemudian dilakukan untuk ditetapkan sebagai warga asrama.

3. Masa Orientasi Santri Baru

Setelah resmi ditetapkan sebagai santri PP. MAmbaul Ulum Bata-Bata, santri kemudian diharuskan untuk mengikuti program orientasi. Program orientasi santri baru ini diberi nama “Masa Orientasi Santri BAru Bata-Bata” yang kemudian disingkat dengan “MOSBA”. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan petunjuk awal tentang sistem pendidikan PP. Mambaul Ulum Bata-Bata.
Program Orientasi ini dilaksanakan setelah jumlah santri baru mencapai batas tertentu. Biasanya hingga mencapai jumlah 200 orang santri baru. Kegiatan ini dimulai dengan pengenalan sistem pelaksanaan atau inservice training calon peserta mosba. Pada acara inservice training ini, calon peserta MOSBA mendapatkan pengenalan tentang nama kelompok, saalam MOSBA, ciri khas kelompok dan jadwal kegiatan MOSBA. Program MOSBA ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut. Materi orientasi terdiri dari;

  1. ke-Bata-Bata-an, meliputi sejarah dan perkembangan PP. MAmbaul Ulum Bata-Bata, Biografi pengasuh dan keluarga pengasuh, program pendidikan di asrama dan badan-Badan otonom PP. MAmbaul Ulum Bata-Bata,
  2. Pendidikan Formal, meliputi profil lembaga pendidikan formal, sistem pembelajaran dan kurikulum dan kode etik kesiswaan.
  3. Ubudiyah meliputi tata cara dan etika ibadah, etika kepesantrenan dan penjelasan taushiyah-taushiyah pengasuh PP. Mambaul Ulum Bata-Bata,
  4. Undang-undang pesantren meliputi peraturan, larangan dan bentuk sanksi bagi pelanggaran undang-undang PP. Mambaul Ulum Bata-Bata.

Posted on 26 September 2011, in Bata-Bata. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: